BisMania Community on Newspaper

Kerap Dimintai Pendapat oleh Karoseri, Aktif Bertukar Informasi

“Bisa dikatakan, bus adalah moda transportasi paling populer di negeri ini. Jutaan penumpang memanfaatkan bus untuk bepergian setiap harinya. Namun sedikit yang menunjukan ketertarikan mendalam seperti anggota BisMania Community. Seperti apa?”
 
BMC on Radar Bromo - Jawa Pos

Matahari hampir sampai setengah perjalanan. Namun keramaian terminal Bayuangga belum surut. Disalah satu sudut terminal, ada beberapa orang yang duduk santai. Mereka tidak sedang menunggu bus. Malah mengomentari setiap bus yang datang. Komentar berubah menjadi diskusi, setiap bus yang datang “di telanjangi”. Mulai bodi bus, tampilan lampu, model kursi, hingga chassis.
Mereka adalah anggota BisMania Community yang tengah mengadakan pertemuan rutin. Komunitas ini terdiri dari sekelompok orang yang senang menggunakan bus sebagau alat transportasi.
Salah satu anggota merangkap KorWil Malang, Dudi Sudarmono bercerita, komunitas bus ini berawal dari saling komentar foto bus di milis (mailing list) atau grup diskusi di internet. “Waktu itu sekitar tahun 2007, ada yang memasang foto bus di Multiply WordPress. Foto – foto itu kemudian di komentari, dari situ lantas kami berinisiatif melahirkan komunitas ini. Anggota awal masih 20 orang.” jelasnya. Saat Dudi bergabung pada tahun 2008, jumlah anggotanya sudah mencapai 500 orang yang berasal dari seluruh Indonesia. “Setelah Facebook booming, jumlah anggota melesat hingga 2000 orang bahkan lebih.” jelasnya.
Anggota lain komunitas ini, Syamsul Hidayat mengatakan, saat ini anggota BisMania Community di Jatim mencapai 1000 orang lebih. “Di Probolinggo ada 20 orang yang aktif” ujar Syamsul sebagai anggota BisMania Community asal Probolinggo. Komunitas ini memiliki agenda rutin yang dilakukan sesuai kesepakatan. “Pada saat kumpul-kumpul, kami memberikan referensi bus yang sebaiknya di naiki atau tidak. Dengan seperti ini banyak orang yang terbantu karena bisa naik bus yang nyaman. Kami juga bertukar informasi seputar daerah wisata dan bus apa yang biasa membawa kami.” ujar Wahyu, anggota asal daerah Banyuwangi. Selain itu, komunitas ini juga kerap mengunjungi perusahaan otobus (PO), karoseri, dan tempat lain yang berkaitan dengan bus. Seperti hari itu, mereka berkunjung ke PO. Akas IV yang berada di jalan Panglima Sudirman Probolinggo.
Di kantor Akas IV, anggota BisMania Community di temui langsung oleh owner PO Akas IV, Hardian Prayoga. Yoga mengaku senang dengan komunitas semacam ini. Mereka melakukan tanya jawab seputar seluk beluk bus, sejarah perusahaan, hingga nyeletuk ke kasus BBM yang menjerat Akas III. Kristianto Ekanando, korwil Tapal Kuda ini misalnya. Ia mengaku penasaran dengan riwayat Akas yang menjadi salah satu perusahaan otobus tersukses di Indonesia. “Ini sekaligus ajang konfirmasi, mengenai kasus yang menjerat Akas kemarin.” katanya.
Usai bertanya – bertanya, komunitas ini mendapat kehormatan untuk menjajal bus terbaru yang dimiliki Akas IV. Mereka berkeliling Kota Probolinggo, naik bus baru, dan di kemudikan oleh Bapak Hardian Prayoga sendiri. Eka mengatakan, komunitas ini memang kerap kali di minta menjajal bus yang belum di publikasikan untuk khalayak umum. Setelah itu merekan di mintai pendapatnya oleh perwakilah perusahaan otobus atau karoseri. “Apakah nyaman atau tidak dan dimana letak ketidaknyamanannya. Istilahnya, kami lakukan pre tes lah. Kami juga kerap kali melakukan touring keluar kota dalam rombongan. Tentu saja naik bus.” ujarnya.
Kecintaan anggota komunitas ini pada bus juga membuat mereka senang mengoleksi miniatur bus. “Kami juga kerap melakukan sosialisasi aman berkendara di tempat umum. Saat marak kecelakaan yang melibatkan bus, kami berupaya mengajak penumpang untuk tidak takut naik bus.” ujarnya.


Courtesy of Ridhowati Saputri
Radar Bromo (Jawa Pos Group) – Minggu 8 April 2012

About Saptanu

This isn't about The Destination, but it's all about The Glory of Going There.

Posted on 8 April 2012, in BMC Area. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Ijin share ya mas, , , meskipun belum jadi anggota BMC, , ,

Monggo kemukakan saran, kritik dan pertanyaan jika ada.. [Dimohon disesuaikan dengan konten yang tercantum]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s