Tipe Terminal Penumpang

Terminal Penumpang adalah prasarana transportasi darat untuk keperluan menaikkan dan menurunkan penumpang, perpindahan intra dan/atau antar moda transportasi serta pengaturan kedatangan dan pemberangkatan kendaraan umum. Terminal penumpang dibagi menjadi 3 tipe, diantaranya:

  • Tipe A : 

Terminal tipe A merupakan terminal penumpang yang memiliki fasilitas paling lengkap, disamping itu pembangunannya membutuhkan lahan yang cukup luas sekurang-kurangnya 5 hektar. Terminal tipe ini berfungsi untuk melayani kendaraan umum angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP + Bus Malam), angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), angkutan kota dan angkutan pedesaan.
Syarat lokasi terminal tipe A terletak di ibukota provinsi, kotamadya atau kabupaten dalam jaringan trayek antar kota antar propinsi dan/atau angkutan lintas batas negara. Selain itu lokasinya harus terletak di jalan arteri dengan kelas jalan III A, yakni jalan arteri yang dapat dilalui kendaraaan bermotor termasuk muatan dengan ukuran lebar tidak melebihi 2.500 milimeter, ukuran panjang tidak melebihi 18.000 milimeter dan muatan sumbu terberat tidak melebihi 8 ton. Contoh Terminal tipe A yang terdapat di Indonesia diantaranya, Terminal Giwangan – Yogyakarta, Terminal Rawamangun, Terminal Purabaya (Bungurasih) – Surabaya, dan lainnya yang sepadan.

  • Tipe B : 

Terminal tipe B adalah terminal penumpang yang berada setingkat di bawah terminal tipe A. Pembangunan terminal tipe ini membutuhkan lahan sekurang-kurangnya 3 hektar untuk terminal di Pulau Jawa dan Sumatra dan 2 hektar di pulau lainnya. Terminal tipe B berfungsi untuk melayani kendaraan umum angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP non Bus Malam), Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), angkutan kota dan/ angkutan pedesaan.
Syarat lokasi terminal tipe B diantaranya terletak di kotamadya atau kabupaten dan dalam jaringan trayek AKDP. Syarat lainnya adalah terminal tipe ini harus terletak di jalan arteri atau kolektor dengan kelas jalan sekurang-jurangnya kelas III B, yakni jalan kolektor yang dapat dilalui kendaraan bermotor termasuk muatan dengan ukuran lebar tidak melebihi 2500 milimeter, ukuran panjang tidak melebihi 12.000 milimeter, dan muatan sumbu terberat . Contoh Terminal tipe B yang terdapat di Indonesia di antaranya, Terminal Bayuangga – Probolinggo, Terminal Tawang Alun – Jember,dan lainnya yang sepadan.

  • Tipe C : 

Terminal Tipe C adalah terminal penumpang yang berada setingkat dibawah terminal tipe B. Terminal ini melayani kendaraan umum untuk angkutan pedesaan. Syarat lokasi terminal ini terletak di dalam wilayah Kabupaten Daerah Tingkat II dan dalam jaringan trayek angkutan pedesaan. Selain itu, terminal ini harus terletak di jalan kolektor atau lokal dengan kelas jalan paling tinggi III A. Terminal ini juga harus mempunyai jalan akses masuk atau keluar ke dan dari terminal, sesuai kebutuhan untuk kelancaran lalu lintas sekitar terminal.

Terminal tipe A, B, dan C memiliki kapasitas bis yang berbeda. Selain itu, pelayanan yang diberikan juga mempengaruhi armada bus yang dapat ditampung terminal. Semakin baik pelayanan yang diberikan oleh terminal, makin banyak bis yang akan singgah. Namun, apabila pelayanan yang diberikan kurang memuaskan maka, bis-bis akan enggan untuk memasuki terminal.

  1. Untuk tipe A, dapat menampung 50 – 100 angkutan tiap jam
  2. Untuk tipe B, dapat menampung 25 – 50 angkutan tiap jam
  3. Untuk tipe C, hanya menampung kurang dari 25 angkutan tiap jam.

*) Disadur dari berbagai sumber, disunting seperlunya.
Saptanu Yuniar (BMC Tapal Kuda)

About Saptanu

This isn't about The Destination, but it's all about The Glory of Going There.

Posted on 29 April 2011, in Info-info, Pengetahuan. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Terminal ubung dan mengwi bali apa masuk tipe A ya mas?

Monggo kemukakan saran, kritik dan pertanyaan jika ada.. [Dimohon disesuaikan dengan konten yang tercantum]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s