Wawancara UPTD Bayuangga

Rencana awal: 
Tanggal 25 Maret 2011,
GAGAL *) kepala terminal bayuangga tidak di tempat

Ganti rencana:
Tanggal 28 Maret 2011
Lagi-lagi GAGAL *) hujan

Lagi:
Tanggal 30 Maret 2011
GAGAL lagi.. *) cuaca kembali tak bersahabat

Plan again:
Tanggal 31 Maret 2011
Tak sesuai rencana… *) kepala terminal sibuk

Akhirnya, pada hari jum’at tanggal 1 April 2011, kami mendapatkan waktu yang tepat. Malam harinya, saya sudah menghubungi kepala terminal untuk memastikan kami besok untuk diperkenankan wawancara ke sana. Satu masalah selesai, beliau bisa meluangkan waktu. Keesokan harinya, usai ekstrakurikuler, kami sekelompok langsung berangkat menuju Terminal Bayuangga pukul 13.45 WIB. Beruntungnya, hari itu cuaca sedang bersahabat pada kami, tidak ada hujan yang menanti, hanya mendung sedikit.

Sesampainya di Terminal Bayuangga, kami langsung di sambut dengan baik dan sepertinya sudah di nanti kedatangan kami. Tampak bapak – bapak petugas yang langsung menyapa kami begitu masuk lewat pintu masuk. Memang, penampilan kami yang masih memakai seragam sekolah, menjadi mudah di kenal.  “Dari SMA Taruna ya??” tanya salah satu petugas. “Benar pak,,,” salah satu dari kami membenarkan. Kami langsung dipersilahkan masuk, dan di situ juga ada bapak berbaju batik, dari penampilannya saya sekedar menebak, mungkin beliau kepala terminal Bayuangga. Dipersilahkanlah kami untuk naik ke lantai dua, di mana di sanalah kantor kepala Terminal Bayuangga mengamati setiap bus-bus yang ada di sana.

Didalam ruangan, ternyata benar adanya. Di ruangan ini juga ada 4 monitor yang menampilkan gambar dari 4 kamera CCTV yang tersebar di berbagai sudut terminal. Wah, meski sering transit di terminal ini, saya baru tahu tentang keberadaan kamera CCTV ini.

Sambil berbasa-basi, kami masing-masing saling memperkenalkan diri, begitu juga beliau. Dan melalui perbincangan tersebut, kami tahu lawan bicara kami. Ternyata bukan Kepala Terminal, beliau sedang ada tugas luar. Yang sedang meladeni‘ kami adalah Ka.Sub.Bag TU UPTD Terminal Bayuangga. Hehehe.. lumayan ribet ‘judul’ jabatan bapak satu ini. Beliau adalah Bapak Budi Hardjo yang di tugaskan Bapak Tanyono Hadi (Kepala Terminal) untuk mendampingi kami selama wawancara tentang Terminal Bayuangga kami ajukan.

Dan di mulailah wawancara kami bersama bapak Budi. Mulai dari menanyakan sejarah berdirinya Terminal Bayuangga, trayek-trayek bus, Jadwal keberangkatan bus, fasilitas-fasilitas terminal ini, dan masih banyak yang lain. Kami juga merekamnya dengan sebuah kamera digital sebagai bukti autentik. Pak Budi begitu ‘open mind’ orangnya, beliau begitu ramah menjawab tiap pertanyaan-pertanyaan yang kami ajukan. Di tambah lagi, beliau sudah rela menunggu kedatangan kami secara langsung di Pintu Masuk. Beliau pula yang mengantar kami.

Lagi-lagi nilai plus untuk UPTD Terminal Bayuangga ini, kami di sajikan minuman ringan. Jarang-jarang kan, layaknya wartawan yang sudah pro, hehe.. Tampak pula staf pak Budi, yakni, Pak Galih dan Pak Basuki turut serta mendampingi kami. Terlihat keramahan di wajah mereka membuat kami tidak canggung lagi, kadang-kadang di isi dengan candaan sedikit bikin suasana tambah hangat. Saya pun dengan lebih leluasa bertanya semua tentangi bis di terminal Bayuangga. Bisa nambah pengetahuan tentang dunia per-bis-an.

Kami juga mendapat informasi secara langsung, bahwa rencananya Terminal Bayuangga akan di perluas keberadaan nya, dan akan di renovasi dan di revisi ulang tahun 2012. Yang mana saat ini Terminal ini masih menyandang terminal penumpang tipe B, akan di perluas hingga bisa di ketegorikan sebagai terminal penmpang tipe A. Saya berharap untuk secepatnya di urus, amiin..

Setelah lama berbincang, tak di sangka kami di beri beberapa lembar kertas yang berisi tentang sekelumit Terminal Bayuangga. Kertas yang tentunya begitu bermanfaat untuk karya tulis kami nantti. Kami sangat berterima kasih akan hal tersebut.

Bersama UPTD Terminal Bayuangga

Usai wawancara, tak lupa kami minta bapak-bapak tadi untuk foto bareng sebagai dokumentasi. Akhirnya selesai wawancara saya di Terminal Bayuangga – Probolinggo. Suatu pengalaman yang tidak bisa di lupakan dengan banyak kejutan dari pihak UPTD Terminal yang menyambut kami dengan begitu baik. Kami berharap mengenai keberadaan terminal Bayuangga ini dapat melayani masyarakat semakin prima terus berkembang.

About Saptanu

This isn't about The Destination, but it's all about The Glory of Going There.

Posted on 1 April 2011, in Blog Area. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Monggo kemukakan saran, kritik dan pertanyaan jika ada.. [Dimohon disesuaikan dengan konten yang tercantum]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s