Profil Terminal Bayuangga – Probolinggo

Berawal pada tahun 1974, Terminal Kotamadya Probolinggo berada pada daerah tengah kota, namun dengan perkembangan kota yang semakin pesat sebagai Pusat Bisnis (Central Business District), maka pada tahun 1992, Terminal di pindah ke daerah pinggiran Kota tepatnya di Jalan Raya Bromo Kelurahan Triwung, Kecamatan Kademangan dengan nama Terminal Bayuangga. Hal ini dilakukan sebagai upaya perluasan kota juga untuk menghindari pusat Kemacetan di Tengah Kota. Terminal ini beroperasi secara optimal sejak terbentuknya Dinas LLAJ Kota Probolinggo yang sekarang menjadi Dinas Perhubungan. Secara kewenangan, Terminal Bayuangga ini berada di bawah Pemerintah Kota Probolinggo, sedangkan dalam pengelolaan serta pengaturannya, Terminal ini di bawah Dinas Perhubungan Kota Probolinggo. Terminal ini di operasikan secara langsung oleh UPTD Terminal. 

Terminal Bayuangga di kategorikan sebagai Terminal Penumpang tipe B, karena hanya memiliki luas sekitar 2.5 Ha. Namun berdasarkan kabar yang terdengar, pada tahun 2012, Terminal ini akan di perluas hingga dapat di masukkan dalam kategori Terminal Penumpang tipe A. Terminal ini melayani angkutan umum Antar Kota Antar Propinsi (AKAP), Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP), angkutan pedesaan, dan angkutan Kota. Terminal ini memiliki Jalur kedatangan bis sebanyak 2 jalur, namun yang di operasikan hanya 1. Sedangkan untuk Jalur keberangkatan bus, Terminal ini memiliki 5 Jalur Keberangkatan. Fasilitas – fasilitas yang tersedia di Terminal Bayuangga bisa di katakan lengkap, di antaranya;

Fasilitas UTAMA:

  1. Jalur kedatangan bus
  2. Jalur keberangkatan bus
  3. Tempat parkir/ngetem bus
  4. Ruang tunggu penumpang
  5. Jalur lintasan bebas
  6. Menara Pengawas
  7. Loket Peron
  8. Papan Informasi yang memuat jurusan bus. tarif, dan jadwal keberangkatan
  9. Pelataran Parkir kendaraan/mobil pengantar/penjemput.

Fasilitas Peninjau:

  1. Musholla
  2. Toilet
  3. Kamera CCTV
  4. Kantin, depot-depot/warung, dll.

Terminal Bayuangga melayani angkutan Bus AKAP dan AKDP berbagai jurusan. Total terminal ini melayani lebih dari 30 PO (Perusahaan Otobus) dan memiliki total 724 armada bus, berikut data nya*:

Data UPTD Bayuangga 2009

*(Data dari UPTD Terminal Bayuangga thn 2009)

Visi, Misi, dan Motto Terminal Bayuangga

Visi
Mewujudkan Pelayanan Angkutan Penumpang yang handal dan Profesional
Misi
- Terciptanya Pelayanan Angkutan Penumpang di Terminal yang aman, tertib, dan lancar.
- Terciptanya Terminal yang Bersih dan Nyaman sebagai etalase Kota Probolinggo
 Motto
Kelancaran Angkutan Penumpang adalah Wujud Pelayanan Kami.

Sumber : Informasi langsung dari wawancara dengan UPTD Terminal Bayuangga Probolinggo
Di edit seperlunya oleh : Saptanu Yuniar

About these ads

About Saptanu Yuniar

This isn't about The Destination, but it's all about The Glory of Going There.

Posted on 1 April 2011, in Info-info, Pengetahuan. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Monggo kemukakan saran, kritik dan pertanyaan jika ada.. [Dimohon disesuaikan dengan konten yang tercantum]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 373 pengikut lainnya.